Minggu, 02 Juni 2013

SILABUS KELAS 7 KURIKULUM 2013



SILABUS

Satuan Pendidikan      : SMPN
Kelas/Semester            :VII
Mata pelajaran             : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Materi Pokok              :NKRI
Alokasi Waktu            :4x40 Menit
Kompetensi Inti          : Perumusan Dasar Negara, Keanekaragaman suku, agama, ras, budaya, gender dalam NKRI
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Instrumen
4.5 Menyajikan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang  Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
Aspek kognitif produk
Menjelaskan tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik
 TES Tulis
Uraian

LP 1:
Jelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Gresik


4x40 menit
Buku bacaan tentang NKRI

Koran

Buku PKn kelas VII

Artikel
peta

Letak Geografis daerah  tempat tinggalnya Kota Surabaya

Mencari informasi tentang  Letak Geografis daerah tempat tinggalnya Kota Surabaya
Aspek kognitif produk
Menjelaskan tentang Letak Geografis daerah tempat tinggalnya Kota Surabaya
Tes Tulis
Uraian
LP 1:
Jelaskan Letak Geografis daerah tempat tinggalnya di Kabupaten Kota Surabaya

Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Mencari informasi dari peta tentang batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Aspek kognitif produk
Menyebutkan  batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Tes tulis
uraian
LP 1
Sebutkan batas-batas wilayah Kabupaten Gresik

Batas-batas wilayah Kabupaten Gresik
Mencari informasi dari peta tentang batas-batas wilayah  Kota surabaya
Aspek kognitif produk
Menyebutkan  batas-batas wilayah Kota Surabaya
Tes tertulis
Uraian
LP 1
Sebutkan batas-batas wilayah Kota Surabaya

Perekonomian Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang Perekonomian Kabupaten Gresik

Aspek kognitif proses
Menunjukkan perekonomian di Kabupaten Gesik

Tes tertulis
uraian
LP2:
Carilah macam-macam perekonomian yang ada yang di Kabupaten Gresik jika dilihat dari industri!
Perekonomian Kabupaten Kota Surabaya

Mencari informasi tentang perbedaan Perekonomian Kota Surabaya

Aspek kognitif proses
Menunjukkan  perekonomian Kota Surabaya

Tes tertilis
Uraian
LP2:
Carilah macam-macam  perekonomian yang ada yang di Kota Surabaya jika dilihat dari industri!
Macam-macam kebudayaan  Kabupaten Gresik

Mencari informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian)  Kabupaten Gresik

Aspek kognitif proses
Mennganilisis  tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik
Non Tes
Pengematan
LP 2:
Analisis tentang macam-macam  kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kabupaten Gresik

Macam-macam kebudayaan Kota Surabaya

Mencari informasi tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya


Aspek kognitif proses
Mennganilisis  tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya
Non tes
Peengamtan
LP 2:
Analisis tentang macam-macam kebudayaan (rupa-rupa, pariwisata, dan kesenian) Kota Surabaya

Perilaku berkarakter
Tanggung jawab, percaya diri, mandiri
Non tes
(diskusi)
Lembar pengamatan perilaku berkarakter
LP3:
Format pengamatan berkarakter tanggung jawab, percaya diri dan mandiri dengan membuat kelompok dan mendiskusikanlah tentang Kebudayaan yang ada di Kabupaten Gresik dan Kota Surabaya
KETERAMPILAN SOSIAL
Melakukan kerja sama, menjadi pendengar yang baik, bertanya dan berpendapat

Non tes
Lembar pengamatan keterampilan sosial dan rubrik asessemen diskusi
LP 4:
Presentasikanlahdan menyimpulkan  hasil dari diskusi tersebut



MEDIA YANG DI GUNAKAN:

Peta Kabupaten Gresik  dan Kota Surabaya, dan Kartu-kartu yang berisi pertanyaan dan kartu jawaban / Make a Match
Cara menggunakan media:
  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  7. Demikian seterusnya
  8. Penutup dan kesimpulan
Rancangan Pembuatan Media
1.      Menyediakan 2 kartu yang berisi kartu jawaban dan kartu pertanyaan
2.      Membuat Kartu sejumlah kelompok
Bahan yang diperlukan
  1. Kertas
  2. Gunting





















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar